Deskripsi Profil Program Studi
Politeknik LPP
  1. D4 Pengelolaan Perkebunan

  2. D3 Budidaya Tanaman Perkebunan

  3. D3 Teknologi Kimia

  4. D3 Teknologi Mesin

  5. D3 Akuntansi

  6. D2 Perawatan Mesin Pengolah Hasil Perkebunan

Akademi Komunitas Perkebunan Yogyakarta (AKPY)
  1. D1 Pembibitan Kelapa Sawit

  2. D1 Pemeliharaan Kelapa Sawit

Institut Teknologi Sawit Indonesia (ITSI)
  1. D4 Budidaya Perkebunan

  2. D4 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan

  3. S1 Agribisnis

  4. S1 Proteksi Tanaman

  5. S1 Sistem Teknologi Informasi

  6. S1 Teknik Kimia

Politeknik Kelapa Sawit Citra Widya Edukasi (Politeknik CWE)
  1. D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan

  2. D3 Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit

  3. D3 Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit

  4. D3 Manajemen Logistik

Politeknik Kampar
  1. D3 Teknik Pengolahan Sawit

  2. D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin

  3. D3 Teknik Informatika

  4. D2 Teknik Pengolahan Kelapa Sawit

Institut Teknologi Sains Bandung (ITSB)
  1. D3 Teknik Pengolahan Sawit (peminatan pabrik dan kebun)

Institut Pertanian Stiper (INSTIPER)
  1. S1 Agroteknologi

  2. S1 Agrobisnis

KETERANGAN PROGRAM STUDI:
D4 Pengelolaan Perkebunan – Politeknik LPP

Program Studi Diploma IV Pengelolaan Perkebunan (D4 PPN) dengan peminatan Perkebunan Kelapa Sawit merupakan program vokasi setara sarjana dengan gelar Sarjana Terapan Perkebunan. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam manajemen perkebunan kelapa sawit dengan perkuliahan selama empat tahun. Kurikulum dirancang dengan mengacu kepada SKKNI Asisten Kebun Kelapa Sawit sehingga dihasilkan lulusan yang memiliki kompetensi standar yang diperlukan dalam pengelolaan kebun kelapa sawit. Program pendidikan mengutamakan kegiatan praktik yang dilakukan di laboratorium maupun di lapangan. Materi pelajaran terkait budidaya tanaman perkebunan, dari penyiapan lahan sampai panen dan pasca panen serta manajemen perkebunan dan diakhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi asisten kebun kelapa sawit.

D3 Budidaya Tanaman Perkebunan – Politeknik LPP

Program Studi Diploma III Budidaya Tanaman Perkebunan (D3 BTP) dengan peminatan Perkebunan Kelapa Sawit merupakan program pendidikan vokasi dengan gerlar Ahli Madya Perkebunan. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam penyiapan bahan baku tanaman kelapa sawit dengan perkuliahan selama tiga tahun. Kurikulum dirancang dengan mengacu kepada SKKNI Mandor Kebun Kelapa Sawit sehingga dihasilkan lulusan yang memiliki kompetensi dalam teknis budidaya kelapa sawit. Program ini diyakini mahasiswa akan memiliki kompetensi yang lengkap baik secara teori maupun praktik di lapangan, sehingga menghasilkan lulusan yang siap kerja dan siap untuk menggembangkan ilmu dan teknologi di perkebunan kelapa sawit. Materi pelajaran terkait budidaya tanaman perkebunan, dari penyiapan lahan sampai panen dan pasca panen serta dan diakhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi mandor kebun kelapa sawit.

D3 Teknologi Kimia – Politeknik LPP

Program Studi Diploma III Teknologi Kimia (D3 TKM) dengan peminatan Industri Hilir Kelapa Sawit merupakan program pendidikan vokasi dengan gerlar Ahli Madya Teknik Kimia. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam bidang pengolahan produk hilir kelapa sawit seperti biodiesel, oleochemical, minyak goreng dan lain sebagainya dengan perkuliahan selama tiga tahun. Penyelenggaraan program ini didasari pada semakin pentingya pengembangan industri hilir kelapa sawit bagi keberlanjutan perkebunan kelapa sawit di masa depan. Dengan proyeksi penggunaan minyak sawit sebagai sumber energi baru terbarukan, maka sangat diperlukan SDM-SDM yang kompeten yang mendukung pengembangan industri hilir kelapa sawit ini. Saat ini masih sangat sedikit program pendidikan yang menyiapkan tenaga kerja yang kompeten pada bidang hilir sawit ini. Kurikulum dirancang dengan mengacu pada SKKNI Biodiesel dengan pelaksanaan pendidikan mengutamakan kegiatan praktik dengan kegiatan magang di industri hilir kelapa sawit. Di akhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi Bidang Industri Biodiesel Jenjang 4.

D3 Teknologi Mesin – Politeknik LPP

Program Studi Diploma III Teknologi Mesin (D3 TMS) dengan peminatan Perawatan dan Pengolahan Produksi Kelapa Sawit merupakan program pendidikan vokasi dengan gelar Ahli Madya Teknik Mesin. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam penyiapan perawatan peralatan produksi dan proses pengolahan kelapa sawit dengan perkuliahan selama tiga tahun. Pendidikan ini memiliki dua konsentrasi utama yaitu pemeliharaan dan pengelolaan peralatan produksi kebun dan pemeliharaan dan pengelolaan peralatan produksi pabrik kelapa sawit. Dengan dua konsentrasi utama tersebut, maka lulusan program ini akan dapat mengelola peralatan-peralatan mekanisasi sekaligus juga kompeten dalam pengelolaan peralatan pabrik kelapa sawit. Kurikulum dirancang dengan mengacu pada SKKNI Pengolahan Kelapa Sawit. Di akhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi asisten teknik kelapa sawit dan asisten pengolahan kelapa sawit.

D3 Akuntansi – Politeknik LPP

Program Studi Diploma III Akuntansi (D3 AKT) dengan peminatan Koperasi Kelapa Sawit merupakan program pendidikan vokasi dengan gerlar Ahli Madya Akuntansi. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam bidang akuntansi keuangan khususnya dalam pengelolaan koperasi petani kelapa sawit, dengan perkuliahan selama tiga tahun. Penyelenggaraan program ini didasari pada sangat diperlukannya SDM yang kompeten dalam pengelolaan administasi koperasi petani rakyat kelapa sawit. Kurukulum dirancang dengan mengacu kepada SKKNI Teknisi Akuntansi dengan penguatan studi kasus pada koperasi kelapa sawit. Pelaksanaan pendidikan mengutamakan kegiatan praktik dengan kegiatan magang di industri dan koperasi kelapa sawit. Di akhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi Teknisi Akuntansi. Program Studi Diploma III Akuntansi (D3 AKT) dengan peminatan Koperasi Kelapa Sawit merupakan program pendidikan vokasi dengan gerlar Ahli Madya Akuntansi. Program ini menyiapkan SDM yang kompeten dalam bidang akuntansi keuangan khususnya dalam pengelolaan koperasi petani kelapa sawit, dengan perkuliahan selama tiga tahun. Penyelenggaraan program ini didasari pada sangat diperlukannya SDM yang kompeten dalam pengelolaan administasi koperasi petani rakyat kelapa sawit. Kurukulum dirancang dengan mengacu kepada SKKNI Teknisi Akuntansi dengan penguatan studi kasus pada koperasi kelapa sawit. Pelaksanaan pendidikan mengutamakan kegiatan praktik dengan kegiatan magang di industri dan koperasi kelapa sawit. Di akhir perkuliahan dilakukan uji sertifikasi kompetensi Teknisi Akuntansi.

D2 Perawatan Mesin Pengolahan Hasil Perkebunan – Politeknik LPP

Program Studi Diploma II dengan peminatan Perawatan Mesin Pengolah Hasil Perkebunan Kelapa Sawit merupakan program yang dirancang untuk menyiapkan lulusan yang berkarier dalam bidang pengoperasian, perbaikan, dan perawatan mesin pengolah hasil perkebunan kelapa sawit. Tujuan program studi ini adalah menyiapkan teknisi atau mekanik perawatan mesin pengolah hasil perkebunan kelapa sawit dengan dasar pengetahuan keteknikan dan ketrampilan mekanik yang dibutuhkan untuk memasang, memelihara, memperbaiki, dan memecahkan masalah peralatan dan mesin terkini yang ditemukan di lingkungan industri pengolahan hasil perkebunan kelapa sawit. Materi kuliah mencakup tema sistem mekanik, sistem elektrik, pompa, hidrolik, pneumatik, motor listrik dan kendali motor listrik.

D1 Pembibitan Kelapa Sawit – AKPY

Capaian Kompetensi khusus adalah mahasiswa mempelajari pembibitan kelapa sawit yang baik dan benar, Kompetensi umum mahasiswa mempelajari bisnis palm oil dari persiapan lahan, bibitan, penanaman, perawatan, panen dan Sustainable palm oil (ISPO) serta mempelajari koperasi dan kewirausahaan. Untuk meningkatkan skill, mahasiswa melaksanakan PKL dan Magang Industri serta akan dilakukan Sertifikasi Kompetensi Mandor Kelapa Sawit dari BNSP.

D1 Pemeliharaan Kelapa Sawit – AKPY

Capaian Kompetensi khusus adalah mahasiswa mempelajari Pemeliharaan  kelapa sawit dari TBM sd TM, Kompetensi umum mahasiswa mempelajari bisnis palm oil dari persiapan lahan, bibitan, penanaman, perawatan, panen dan Sustainable palm oil (ISPO) serta mempelajari koperasi dan kewirausahaan. Untuk meningkatkan skill, mahasiswa melaksanakan PKL dan Magang Industri serta akan dilakukan Sertifikasi Kompetensi Mandor Kelapa Sawit dari BNSP.

D4 Budidaya Perkebunan – ITSI

Prodi Budidaya Perkebunan (BDP) dengan target pembelajaran yaitu menguasai dan trampil dalam kultur teknis (budidaya) tanaman perkebunan khususnya kelapa sawit, serta mampu mengelola sumberdaya di kebun (SDA, SDM, SD Modal dan resources lain yang terkait). Alumni memiliki kompetensi yang telah diakui perusahaan perkebunan (BUMN serta Swasta Nasional dan Asing).

D4 Teknologi Pengolahan Hasil Perkebunan – ITSI

Prodi TPHP dengan fokus pada capaian pembelajaran kompetensi pengelolaan pabrik kelapa sawit, sebaga caloni Asisten pada industri kelapa sawit. Saat ini Prodi TPHPiSTIPAP telah mendapatkan pengakuan/kepercayaan dari perusahaan perkebunan baik BUMN maupun Sawsta Nasional dan Asing.

D4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan – Politeknik CWE

Capaian pembelajaran dari Program studi Diploma 4 Teknologi Produksi Tanaman Perkebunan ini secara khusus menitiktekankan pada terbentuknya lulusan yang memiliki karakter 5 M, yaitu: 1) Menguasai dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi terapan yang diimplementasikan di bidang perkebunan saat ini, 2) Mampu beradaptasi secara cepat di dunia kerja perkebunan, 3) Mampu mengambil keputusan strategis di dunia kerja perkebunan, serta 4) Mampu memberikan solusi atas setiap permasalahan yang ada di dunia kerja perkebunan, dan 5) Mampu beradaptasi cepat dengan budaya kerja di lingkungan perkebunan.
Keunggulan dari program studi ini adalah:
1. Fokus keilmuannya diarahkan kepada inovasi teknologi terapan yang bersifat adaptif yang berorientasi pada pemecahan masalah (problem solving) yang terjadi di perkebunan.
2. Menerapkan konsep kurikulum HSH, yaitu Hard Skill, Soft Skill dan Humanity Skill. Hard Skill merupakan perpaduan kurikulum pengembangan keilmuan dan kurikulum pengembangan keterampilan khusus di bidang kelapa sawit secara sinergi dan disesuaikan juga dengan ketentuan dalam SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) untuk level Asisten Kebun dan Asisten Kepala
Diharapkan lulusan dari program studi ini akan menduduki posisi penting, diantaranya :
a. Manajer bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang memiliki integritas dan kedisiplinan yang tinggi serta adaptif terhadap perkembangan iptek.
b. Peneliti bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inovatif, terapan dan berkelanjutan.
c. Pendidik bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang inspiratif.
d. Penyuluh bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang komunikatif, inovatif dan kreatif, serta memiliki jiwa kepemimpinan yang baik
e. Pengusaha bidang pertanian khususnya budidaya tanaman perkebunan yang berwawasan lingkungan.

D3 Budidaya Perkebunan Kelapa Sawit – Politeknik CWE

Program studi ini memfokuskan diri pada pengelolaan kelapa sawit di perkebunan yang merupakan bagian hulu yang sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan dari perkebunan. Program Studi ini bertujuan  menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas, berjiwa wirausaha, dan profesional dalam bidang Perkebunan Kelapa Sawit, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang budidaya kelapa sawit yang berwawasan lingkungan.

Capaian pembelajaran yang menjadi target sekaligus menjadi keunggulan dari program studi ini adalah :
1. Mampu menganalisis masalah dan selalu berupaya menyelesaikannya secara logis, sistematis dan praktis yang didukung oleh metode yang tepat guna.
2. Menguasai teknik – teknik terapan budidaya perkebunan kelapa sawit dan mampu mengembangkan diri terhadap kemajuan industri kelapa sawit.
3. Mampu mengembangkan dan mengisi lapangan kerja dalam bidang Budidaya Perkebunan kelapa sawit.
4. Menghasilkan karya inovatif yang memiliki keunggulan di bidang bidang budidaya perkebunan kelapa sawit.

D3 Teknologi Pengolahan Kelapa Sawit – Politeknik CWE

Program studi ini memfokuskan diri pada pengelolaan kelapa sawit di perkebunan yang merupakan bagian hulu yang sangat berpengaruh terhadap kualitas produk yang dihasilkan dari perkebunan. Program Studi ini bertujuan menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkualitas, berjiwa wirausaha, dan profesional dalam bidang Perkebunan Kelapa Sawit, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang budidaya kelapa sawit yang berwawasan lingkungan.

Capaian pembelajaran yang menjadi target sekaligus keunggulan dari program studi ini adalah :
1. Mampu menganalisis masalah dan selalu berupaya menyelesaikannya secara logis, sistematis dan praktis yang didukung oleh metode yang tepat guna.
2. Menguasai teknik – teknik terapan budidaya perkebunan kelapa sawit dan mampu mengembangkan diri terhadap kemajuan industri kelapa sawit.
3. Mampu mengembangkan dan mengisi lapangan kerja dalam bidang Budidaya Perkebunan kelapa sawit.
4. Menghasilkan karya inovatif yang memiliki keunggulan di bidang bidang budidaya perkebunan kelapa sawit.

Prospek lapangan kerja pada program studi ini diantaranya sebagai Asisten Divisi Perkebunan, Penyuluh Perkebunan/Advisor, Staf Bidang Perkebunan, Pengusaha Bidang Perkebunan dan Tenaga Kependidikan

D3 Manajemen Logistik – Politeknik CWE

Program studi ini memiliki tujuan menghasilkan lulusan yang ungggul dalam bidang menajemen logistik secara umum dan khususnya manajemen logistik perkelapasawitan, serta mampu mengembangkan ilmu pengetahunan dan teknologi dalam bidang manajemen logistik yang terstandar dan terintegrasi mulai dari pengelolaan bahan baku, supply chain, distribusi hingga pemasaran, serta adaptif terhadap perkembangan IPTEK.

Capaian pembelajaran yang menjadi target sekaligus keunggulan dalam program studi ini adalah :
1. Menguasai ilmu manajemen dan teknologi logistik serta mampu menganalisis dan menyelesaikan berbagai permasalahan di bidang logistik secara logis, sistematis dan praktis yang didukung oleh metode yang tepat guna.
2. Mampu mengembangkan diri dan beradaptasi terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dalam bidang manajemen logistik.
3. Memiliki jiwa wirausaha dan mampu menciptakan dan mengisi lapangan kerja dalam bidang manajemen logistik.
4. Mampu menghasilkan berbagai inovasi dalam bidang manajemen logistik.

Prospek lapangan kerja pada program studi ini diantaranya sebagai Staf/Kepala Seksi Urusan Logistik, baik bidang operasional, administrasi, ekspor/impor, dsb. Sebagai Pengusaha Bidang Logistik, Supporting Perusahaan Startup dan Tenaga kependidikan.

D3 Teknik Pengolahan Sawit – Politeknik Kampar

Program studi D3 TPS merupakan program studi yang mempelajari sawit dimulai dari pembibitan hingga produk turunan dari sawit. Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk dapat bekerja di berbagai sektor di industri sawit seperti perkebunan, laboratorium, proses produksi dan pengolahan sawit maupun pengolahan limbah sawit. Lulusan Prodi D3 TPS juga dipersiapkan untuk bekerja diluar industri sawit, seperti industri perkebunan lainnya, industri kimia baik pangan maupun non pangan. Adapun profil lulusan dari program studi ini adalah: a) Supervisor bidang Industri Perkebunan; b) Tenaga Teknis bidang; c) Teknologi Kimia; d) Tenaga Analis Kimia; e) Wirausahawan.

D3 Perawatan dan Perbaikan Mesin – Politeknik Kampar

Program Studi D3 PPM merupakan program studi yang mengajarkan ilmu dan keterampilan pemeliharaan mesin terutama pada mesin industri sawit ditunjang dengan keterampilan perancangan mekanik dan keterampilan pengoperasian mesin-mesin perkakas (konvensional dan CNC), peralatan las dan fabrikasi. Lulusan prodi ini juga memiliki pengetahuan tentang proses pengolahan sawit dan peralatan industri sawit. Lulusan Prodi D3 PPM mempunyai peluang kerja di semua bidang industri antara lain Industri Pengolahan Sawit; Industri Pengolahan Hasil Pertanian; Industri Manufaktur; Industri Pembangkit dan lain sebagainya. Adapun profil lulusan dari program studi ini adalah: a) Teknisi Perawatan Mesin; b) Teknisi Produksi; c) Ahli Madya Perancangan Mekanik.

D3 Teknik Informatika – Politeknik Kampar

Program studi D3 TIF hadir di Politeknik Kampar agar dapat membantu pengembangan teknologi informasi di industri sawit. Pada program studi ini, mahasiswa dibekali kemampuan teknik untuk menyediakan solusi untuk permasalahan IT yang dihadapi, terutama yang dapat mendukung proses pengolahan sawit yang saat ini masih konvensional, dengan merancang dan membangun sebuah sistem berbasis cloud, web maupun mobile devices. Dengan kompetensi tersebut, lulusan program studi ini memiliki peluang kerja disemua bidang yang menggunakan IT termasuk di industri sawit dan dapat berkarir sebagai Application Developer, Embeded System Programmer, IT Support, Database Administrator, Network Administrator dan Technopreneur. Adapun Profil lulusan yang dihasilkan oleh Prodi D3 TIF Politeknik Kampar adalah: a) Junior Programmer; b) Operator IT Support; c) Technopreneur; d) Network Administrator.

D2 Teknik Pengolahan Kelapa Sawit – Politeknik Kampar

Keunggulan dari prodi D2 TPKS adalah mampu mengoperasikan mesin-mesin pada seluruh unit utama pengolahan Tandan Buah Segar (TBS) sesuai SOP. Mahasiswa akan dibekali kemampuan untuk melakukan penyusunan data hasil timbangan dan proses sortasi serta diberikan keterampilan untuk mengoperasikan mesin-mesin pengolahan kelapa sawit dan mesin-mesin kernel recovery. Dengan keterampilan yang dimiliki, lulusan prodi ini akan memiliki peluang kerja di industri sawit baik diperkebunan maupun di pabrik sawit. Adapun Profil lulusan yang dihasilkan oleh Prodi D2 TPKS adalah: a) Operator penerimaan buah; b) Operator Pengolahan Kelapa Sawit; c) Operator Kernel Recovery.

D3 Teknologi Pengolahan Sawit (Peminatan Pabrik dan Kebun) – ITSB

eknologi Pengolahan Sawit Institut Teknologi Sains Bandung (TPS-ITSB) adalah Program Studi di Fakultas Vokasi ITSB yang berdiri sejak tahun 2011. TPS-ITSB berlokasi di Kota Deltamas, Cikarang, Bekasi. TPS-ITSB saat ini sudah terakreditasi B dari Badan Akreditasi Nasional-Pendidikan Tinggi. TPS-ITSB merupakan jenjang pendidikan vokasi D3 dengan masa belajar 3 tahun dengan capaian pembelajaran KKNI Level 5 dan SKKNI Kompetensi sebagai Asisten. Kurikulum TPS-ITSB disusun berdasarkan Pendidikan Sistem Ganda (Dual System) dimana siswa belajar di kampus dan di perusahaan/industri dengan komposisi 39% teori dan 61% praktik. TPS-ITSB membuka 2 peminatan yaitu Peminatan Pabrik Sawit dan Kebun Sawit. Peminatan Pabrik untuk tenaga kerja di Pabrik Sawit dan Peminatan Kebun Sawit untuk tenaga kerja kebun sawit. Tenaga Pengajar TPS-ITSB berasal dari multidisiplin Ilmu (Mesin, Listrik, Kontrol Otomasi, Manajemen, Kimia, Energi & Sustainable dan Perkebunan). Sampai saat ini TPS-ITSB telah meluluskan 8 angkatan alumni yang sebagian besar bekerja di Industri Sawit.

S1 Agroteknologi – Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Jogjakarta

Program Studi Agroteknologi menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menghasilkan lulusan sebagai sarjana yang kompeten di bidang agroteknologi dalam industri perkebunan. Program studi ini memiliki minat studi yang link and match sesuai kebutuhan SDM di Perkebunan Kelapa Sawit yaitu Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit (SPKS). Bidang studi ini mempelajari proses produksi tanaman kelapa sawit dalam industri pertanian dan perkebunan dengan memanfaatkan teknologi terapan. Mahasiswa disiapkan menjadi pemimpin dalam sektor pertanian dan perkebunan kelapa sawit Nasional yang mampu mengembangkan diri untuk berdaya saing secara global dalam era industri 4.0. Mahasiswa juga dibekali penerapan budidaya tanaman kelapa sawit yang benar serta pengelolaan manajemen terbaik menuju industri perkebunan kelapa sawit yang berkelanjutan.
Peluang Kerja Sarjana Perkebunan Kelapa Sawit (SPKS):
1. Asisten & Manajer Perkebunan (Manajer Kebun, Manajer Penelitian & Pengembangan)
2. Agro Technopreneur
3. Plantation Developer
4. Pendidik
5. Peneliti Perkebunan Kelapa Sawit
6. Aparatur Sipil Negara (ASN) Berkarir di BUMN, BUMD, BUMS

S1 Agribisnis – Institut Pertanian STIPER (INSTIPER) Jogjakarta

Program studi Agribisnis menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya menghasilkan lulusan sebagai sarjana yang kompeten di bidang agribisnis dalam industri perkebunan. Program studi ini memiliki minat studi yang link and match sesuai kebutuhan SDM di Perkebunan Kelapa Sawit yaitu Sarjana Manajemen Bisnis Perkebunan (SMBP). Bidang studi ini menyiapkan mahasiswa agar memiliki karakter, pengetahuan, keterampilan, dan penguasaan IPTEK, sehingga mahasiswa memiliki kompetensi menganalisa perilaku konsumen dan produsen, merancang pembiayaan dan keuangan, mengelola pemasaran, sumber daya manusia, serta kebijakan ekonomi pertanian. Mahasiswa juga dibekali kemampuan berinteraksi sosial serta pemberdayaan masyarakat pertanian, komunikasi efektif dengan pelaku agribisnis, manajerial perusahaan perkebunan serta mengembangkan enterpreneurship agribisnis.
Dalam Peluang kerja lulusan Sarjana Manajemen Bisnis Perkebunan:
1. Asisten dan Manajer Pekebun (Manajer Keuangan, Pemasaran, SDM)
2. Agrotechnopreneur
3. Aparatur Sipil Negara baik pemerintah pusat dan daerah
4. Berkarir di BUMN, BUMD, BUMS (seperti PTPN, perbankan, perkebunan swasta, industri pangan, dan lain sebagainya)
5. Berkarir di perbankan